laman

Kamis, 13 Maret 2014

Visual Basic 6.0


Visual Basic 6.0

            Microsoft Visual Basic 6.0 (VB) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang handal untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft Windows yang berbasis grafis (Graphical User Interface – GUI). Dengan metode Graphical User Interface (GUI), VB memudahkan pemrogram untuk berinteraksi langsung dengan elemen-elemen untuk setiap bentuk pemrograman.

            Visual Basic 6.0 adalah Pemrograman Penghasil Aplikasi yang bekerja ada sistem Operasi Windows 95 atau Windows NT 4.

Sebagai pemrograman berbasis Windows, VB mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan seluruh aplikasi Windows, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Acces. Dengan kemampuan yang hampir tidak terbatas, VB dapat digunakan untuk semua aplikasi pemrograman, seperti game, multimedia, program perhitungan, bahkan untuk membuat aplikasi program yang mirip Word dan Excel (Pamungkas, 2003)

Dalam VB, pembuatan sebuah program aplikasi harus dikerjakan dalam sebuah proyek. Proyek tersebut berisi kumpulan file-file yang digunakan untuk membuat aplikasi. Sedangkan untuk membuat sebuah program aplikasi, terlebih dahulu dibuat form, baru kemudian membuat file dan modul lain. Setelah semua komponen dipadukan dan kode telah ditulis, langkah selanjutnya adalah membuat proyek menjadi file yang bisa dieksekusi (Pamungkas, 2003).

            Kekuatan VB 6 dalam bidang DataBase, sekarang di tingkatkan dengan adanya ODBC ( Open DataBase Connectivity ), DAO ( Data Access Object ), ADO ( ActiveX Data Objet ) maupun RDO ( Remote Data Object ). Dengan demikian kita bisa menyusun aplikasi data base secara mudah dan menyenangkan. Mulai dari desktop, client server sampai data base yang mampu menjangkau antar negara lewat internet. Dan tentu saja bidang internet juga lebih dikembangkan.

            Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang populer. Banyak keunggulan yang dimilikinya.yang paling menonjol adalah kemudahan pemakaian. Rasanya dengan bahasa yang mudah dan menyenangkan ini kita bias membuat apapun yang kita butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar